Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

In Suara Burung 31 views

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok – Sobat Catlovers pasti tahu kan bahwa bulu merupakan aset utama pada kucing. Selain mempercantik dan menutupi bagian tubuhnya, bulu kucing juga memiliki fungsi yang sangat penting yakni sebagai pengatur suhu tubuh.

Seekor kucing yang memiliki bulu panjang dan indah merupakan idaman bagi setiap pecinta kucing. Tak jarang para catlovers mengeluarkan uang yang cukup banyak demi merawat bulu kucing kesayangan.

Bagi sobat yang telah lama memelihara kucing tentunya jarang menemui kendala seperti bulu kucing rontok, bulu kucing rontok hingga botak, dan beberapa masalah lainnya seputar bulu kucing. Untuk mengatasinya kami akan membagikan tips dan trik mengatasi bulu kucing rontok serta memberikan beberapa gambaran umum tentang penyebab dan cara mengatasi bulu kucing rontok ! Yuk langsung saja kita simak ulasan selengkapnya !

Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Penyebab Bulu Kucing Rontok

Langkah pertama yang perlu sobat catlovers lakukan adalah mengetahui penyebab bulu kucing rontok. Banyak sekali masalah yang dapat menyebabkan kucing mengalami kerontokan baik dari faktor internal maupun dari faktor eksternal. Untuk dapat mengetahui cara penanganan yang tepat pemilik kucing harus menganalisa penyebab kerontokan yang terjadi pada kucing peliharaannya. Berikut adalah beberapa penyebab bulu kucing rontok.

Sudah Waktunya

Perlu sobat ketahui pada waktu dan fase tertentu kucing mengalami kerontokan bulu. Umumnya kerontokan akan terjadi pada kucing yang berumur satu tahun. Kerontokan yang terjadi pada kucing yang berumur satu tahun merupakan hal yang normal. Hal ini dikarenakan pada saat tersebut kucing mengalami pergantian bulu-bulu baru hingga menyebabkan kerontokan.

Selain karena sudah waktunya, kucing yang sedang mengalami birahi dan hamil juga mengalami kerontokan bulu. Jika kucing sobat mengalami hal tersebut tidak usah panik ya karena si kucing akan sembuh dengan sendirinya.

Kekurangan Gizi

Penyebab yang paling sering terjadi pada kucing yang mengalami kerontokan bulu adalah karena kekurangan gizi. Kekurangan gizi yang terjadi pada tubuh kucing dapat berdampak buruk bagi kesehatannya terutama pada bulu-bulunya.

Memperhatikan kecukupan asupan gizi dan nutrisi merupakan hal yang sangat penting bagi petlovers. Penuhi asupan protein vitamin A dan juga Vitamin E supaya bulu kucing kesayangan sobat senantiasa indah dan lebat.

Vitamin Berlebih

Sesuatu yang berlebihan memberikan dampak yang buruk, baik bagi manusia maupun bagi kucing. Karena selain kekurangan gizi, kelebihan gizi dan vitamin ternyata dapat menyebabkan kucing anda mengalami kerontokan bulu loh !

Oleh karena itu senantiasa perhatikan asupan gizi dan nutrisi yang anda berikan pada kucing jangan sampai berlebih atau overdosis yaa 🙂

Alergi

Pemberian vaksin yang salah, obat, dan parasit juga dapat memberikan dampak buruk pada bulu kucing. Meskipun bukan merupakan penyebab utama namun beberapa hal tersebut menjadi salah satu pemicu.

Salah Pilih Produk Mandi (Shampoo)

Salah pilih produk mandi atau shampoo ternyata dapat menyebabkan masalah yang serius seperti kerontokan bulu. Kadar detergen yang berlebih pada shampoo bersifat panas hingga kemudian menyebabkan bulu-bulu kucing menjadi rontok.

Suhu

Karena bulu kucing memiliki fungsi sebagai pengatur suhu. Maka pada suhu yang tinggi kucing akan merontokan bulunya sebagai reaksi alami dari tubuhnya.

Kutu dan Pinjal

Parasit seperti kutu dan pinjal sangat berbahaya bagi tubuh kucing. Karena kedua hewan ini menyerap nutrisi dari tubuh sehingga membuat bulu kucing rontok.

Tungau dan Jamur

Tungau berjenis demodex dan scabies  menggali lubang pada kulit dan membuat terowongan-terowongan kecil kemudian menyebabkan infeksi dan kerontokan bulu.

Stress

Stress juga mempengaruhi kondisi tubuh dan kesehatan bulu-bulunya. Hal ini dikarenakan nutrisi tidak tersalurakan secara baik melalui pembuluh darah mengakibatkan kucing lesu / tidak bergairah dan bulunya rontok.

Itulah beberapa penyebab bulu kucing rontok, hal ini tentu tidak bisa dibiarkan saja. Selain membuat penampilan kucing menurun, bulu yang rontok juga menyebalkan untuk kita karena sering menempel pada baju, dll. Baca juga bahaya bulu kucing bagi manusia menurut dokter ahli

Jadi jika kucing teman-teman mengalami rontok bulu, berikut ini tips cara mengatasi bulu kucing yang rontok dengan benar.

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Karena kita sudah tahu apa saja yang menyebabkan bulu kucing rontok, sekarang saatnya mencoba cara mengobati atau mengatsinya.

Biarkan dan Rawat Seperti Biasa

Loh, kok malah dibiarkan? point pertama ini senada dengan penyabab bulu kucing rontok yang point pertama juga, yaitu sudah waktunya. Kucing yang sedang birahi atau hamil biasanya akan mengalami kerontokan bulu, hal ini sudah biasa karena sudah musimnya. Jadi kita rawat kucing seperti biasa dan tidak perlu ambil pusing.

Buat Kucing Nyaman dan Berikan Mainan

Kucing yang mengalami stress rentan sekali dengan kerontokan bulu, solusinya buatlah kucing kesayangan menjadi nyaman dengan memberikan mainan khusus kucing atau ajak dia bermain di luar kandang.

Ganti Produk yang Cocok

Jika ada produk yang tidak cocok segera ganti, entah produk makanan ataupun produk untuk mandi seperti shampoo, dll. Karena produk yang tidak cocok akan menimbulkan masalah pada kucing seperti kerontokan pada bulu.

Memandikan Kucing

Memandikan kucing merupakan cara yang efektif untuk membasmi parasit seperti tungau, jamur dan bakteri yang dapat mempengaruhi kesehatan bulu kucing. Jadi mandikanlah si kucing secara rutin, namun jangan sehari 3 kali ya..hehe

Berikan Vitamin

Memberikan kucing vitamin sangat baik untuk meningkatkan daya tubuh si kucing. Namun perlu di ingat, berikan vitamin dalam batas wajar dan jangan berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik..hehe

Menyisir Bulu Kucing

Selain untuk merapihkan bulu, menyisir bulu kucing ternyata banyak manfaatnya. Beberapa diantara manfaat tersebut yaitu :

  • Untuk melancarkan metabolisme pada tubuh kucing sehingga berdampak bagus pada kulit.
  • Dengan menggunakan sisir khusus bisa menyingkirkan kutu dan tungau.
  • Hubungan emosional kalian akan lebih dekat.

Obat Bulu Kucing Rontok

Jika bulu kucing yang rontok tidak kunjung membaik, sebaiknya berikan obat bulu kucing rontok yang bisa kalian dapatkan di petshop. Berikan obat tersebut sesuai dengan petunjuk yang ada. Jika bingung, bisa tanyakan pada penjaganya atau bawa ke dokter hewan.

Demikialah bahasan kita tentang penyebab dan cara mengatasi bulu kucing rontok, semoga dapat membatu para catlovers yang kucingnya mengalami kerontokan bulu. Pastikan ketahui penyebabnya dan ambil tindakan secepat dan setepat mungkin. Salam dari pawanghewan.com dan jangan lupa berkunjung kembali.

Download Suara Burung Anis Merah Gacor Mp3
Download Suara Burung Anis Merah Gacor Mp3
Download Suara Burung Anis Merah – Sahabat
Download Kumpulan Suara Burung Mp3 Untuk Masteran
Download Kumpulan Suara Burung Mp3 Untuk Masteran
Download Kumpulan Suara Burung Mp3 Download Kumpulan
Download Suara Burung Pleci Ngerol Panjang
Download Suara Burung Pleci Ngerol Panjang
Download Suara Burung Pleci Gacor – Hallo
Download Suara Burung Kacer Poci Ngerol
Download Suara Burung Kacer Poci Ngerol
Download Suara Burung Kacer Poci – Burung

Leave a reply "Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok"

Must read×

Top