Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur

In Ikan Hias 100 views

Apa saja ikan hias air tawar yang bisa dicampur dalam satu aquarium? Pertanyaan ini sering kali muncul, terutama dari penggemar ikan hias pemula. Tidak mengherakan jika banyak yang menanyakan, karena saya sendiri awalnya juga bingung ketika ingin memelihara ikan hias dalam satu wadah.

Kelebihan memelihara berbagai jenis ikan hias dalam satu aquarium yaitu aquarium kita akan terlihat ramai, berwarana dan menyenangkan. Namun jika kalian salah mencampurkan ikan bisa jadi ikan akan saling menyerang dan mengakibatkan kematian pada ikan hias kalian. Untuk itu pada artikel ini saya akan mengulas beberapa jenis ikan hias air tawar yang bisa kalian campur dalam satu aquarium. Yuk simak dibawah ini.

Baca juga : Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur

Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur dalam Satu Aquarium

Ketika memilih ikan hias yang akan di campurkan dalam satu aquarium kita harus tahu sifat dari masing-masing ikan, hal ini menghindari terjadinya bentrok (kayak demo aja ya.. :V). Berdasarkan sifatnya saya mengelompokan ikan hias kedalam 4 golongan, diantaranya :

1. Ikan Hias Bersifat Damai (Inferior)

Ikan Hias Bersifat Damai

Ikan hias yang bersifat damai biasa terlihat lebih tenang dan tidak suka mengganggu atau menyerang ikan lain. Bahkan ikan tipe ini biasanya senang jika ada temannya. Berikut contoh ikan hias yang bersifat damai : ikan molly, ikan koki balon, ikan neon, ikan guppy, ikan komet, ikan ranchu, ikan mutiara, ikan plati. Beberapa contoh ikan tersebut bisa kalian satukan kedalam satu aquarium.

2. Ikan Hias Setengah Damai

Untuk jenis yang kedua ini masih memiliki sifat rasa damai serta toleransi terhadap ikan lain, namun terkadang bisa menjadi agak galak. Beberapa jenis ikan yang memiliki sifat setengah damain yaitu ikan koi, ikan sapu, ikan blackghost, ikan belida, ikan manfish dan ikan hiu air tawar. Keenam jenis terebut bisa kalian pelihara dalam satu aquarium sob.

Ikan Hias Setengah Damai

Baca juga : Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen

3. Ikan Hias Agak Galak

Ikan hias yang bersifat agak galak ini bisa dicampur dengan ikan yang memeliki sifat yang sama serta ukuran yang sama supaya tidak ada yang terdeskriminasi. Saya sarakan jenis ikan ini jangan di campur dengan dua jenis ika hias diatas sob. Nah, beberapa jenis ikan hias agak galak ini yaitu ikan lemon, ikan nias dan ikan gurame padang.

Ikan Hias Agak Galak

4. Ikan Hias Galak (Predator air tawar)

Jenis yang terakhir ini birsifat sangat galak sob, mereka tidak hanya memak pelet saja namun bisa memakan ikan lain yang berukuran lebih kecil. Beberapa jenis ikan yang bersifat galak ini yaitu ikan louhan, ikan arwana, ikan oscar, ikan parrot, dan masih banyak lainnya.

Saya sarankan jenis ikan ini jangan kalian campurkan dengan ikan tipe damai mapun setengah damai. Kenapa? karena bisa membuat aquarium kalian sepi, ikannya habis dimakan ikan predator tersebut. haha

Oh iya, walau kalian mencapur sesama predator usahakan campur dengan ukuran yang sama, jangan ada yang lebih kecil. Sebab sesama predator pun bisa saling menyerang jika ukuran tidak imbang.

Ikan Hias Galak (Predator air tawar)

Demikianlah penjelasan tentang ikan hias air tawar yang bisa dicampur satu aquarium, semoga bisa membantu teman-teman dalam memilih jenis ikan hias untuk mengisi aqurium kalian. Jangan lupa simak terus pawanghewan.com dan ampai jumpa di artikel berikutnya.

Jenis Ikan Koki dan Gambarnya
Jenis Ikan Koki dan Gambarnya
Jenis Ikan Koki dan Gambarnya – Ikan
Jenis Jenis Ikan Louhan dan Harganya
Jenis Jenis Ikan Louhan dan Harganya
Jenis Jenis Ikan Louhan dan Harganya –
Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara
Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara
Ikan Hias Air Tawar – Hobi  ikan
Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen (Tanpa Pompa Oksigen/Aerator)
Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen (Tanpa Pompa Oksigen/Aerator)
Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen – Melihat

Leave a reply "Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur"

Must read×

Top