Ciri – Ciri & Penyebab Kucing Stress yang Harus Kamu Ketahui !

Hewan memiliki perasaan sama halnya seperti manusia. Dia bisa saja sedih, trauma, takut, dan juga stress. Jika kucing mengalami beberapa hal ini akan berdampak buruk pada kesehatanya. Kucing yang mengalami stress biasanya tidak mau makan. Apabila dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan kematian.

Ciri – Ciri & Penyebab Kucing Stress

Ciri Ciri & Penyebab Kucing Stress

Kucing yang sedang stress menunjukan tanda-tanda yang berbeda. Masalah stress pada kucing ini pun banyak sekali penyebabnya diantaranya adalah karena pindah ke rumah baru, takut dengan kucing lain dan masih banyak lagi. Yuk ketahui penyebab kucing stress dan cara menanganinya.

Penyebab Kucing Stress

Berikut adalah beberapa penyebab kucing stress :

Pindah Rumah

Fenomena pindah rumah pada kucing bisa saja terjadi terutama jika si kucing diadopsi oleh pemilik baru maka otomatis ia akan pindah rumah. Tiba dirumah baru, mengenal orang baru ternyata dapat membuatnya stress hingga tidak mau makan loh.

Untuk kucing yang tiba dirumah baru biasanya akan lebih galak atau lebih giras dari biasanya. Ia akan banyak berjalan mengenal sekeliling. Bila ia mengalami hal ini maka biarkan saja, sesekali berikan ia sentuhan lembut dan elus agar dia merasa nyaman. Jangan lupa untuk memberikan ia minum dan makan karena ia merasa kelelahan dalam perjalanan pindah rumah.

Perjalanan Jauh

Kucing merupakan hewan yang sensitif akan tempat baru dan lingkungan baru. Ia juga tidak suka bepergian dalam perjalanan yang jauh. Ketika sobat hendak membwanya bepergian maka pastikan untuk menempatkan ia dalam percargo yang aman dan nyaman.

Jauhkan ia dari goncangan, letakkan pada tempat yang nyaman dengan udara yang segar. Sesekali cek dan lihat bagaimana keadaanya.

Pasca Melahirkan

Menjadi ibu baru juga merupakan salah satu yang menghawatirkan bagi kucing. Bagi kucing tertentu ia bisa saja mengalami stress. Jika hal ini terus berlanjut bisa saja dapat membahayakan kesehatan diri dan anak-anaknya. Hal ini dikarenakan kucing yang stress cenderung diam dan tidak mau menyusui anak-anaknya.

Stress Karena Penyakit

Mengalami sakit jangka panjang ternyata dapat menyebabkan kucing stress. Jadi jika ia mengalami sakit segeralah untuk membawanya ke doker agar tidak membuatnya semakin parah dan stress.

Karena Takut dan Terancam

Kucing merupakan hewan yang mudah mengingat sesuatu. Ketika ia diperlakukan kasar, bertengkar dengan hewan lain, atau bertemu dengan hewan lain yang lebih ditakuti akan menyebabkan trauma dan stress. Untuk itu sebisa mungkin hindari hal-hal seperti ini agar tidak membuatnya stress.

Kehilangan Anak atau Induknya

Kehilangan anggota keluarga juga dapat menyebabkan kucing stress loh. Inilah mengapa apabila kucing kehilangan anak atau induknya menjadi pendiam dan tidak mau makan.

Bosan

Kucing juga bisa merasa bosan dan penat. Jika ia merasakan kepenatan terus menerus bisa jadi ia menjadi stress. Ajaklah keluar rumah untuk menikmati udara segar. Berikan mainan dan ajaklah bersenang-senang agar ia bahagia dan terhindar dari stress.

Tidak Memiliki Pasangan

Ketika kucing sedang birahi, sebaiknya segera beri ia pasangan. Jika dibiarkan saja kucing bisa jadi stress karena tidak memiliki pasangan. Terlebih lagi jika sang kucing dibiarkan berkeliaran bisa jadi ia tidak pulang karena mencari pasangan diluar.

Ciri – ciri Kucing Stress

Berikut adalah beberapa tanda kucing anda mengalami depresi atau stress :

Suka Menyendiri

Tanda-tanda kucing yang stress pertama adalah suka menyendiri. Biasanya ia bersembunyi di ruangan tertutup. Ia juga menjadi lebih pendiam. Jadi bila kucing sobat mengalami hal ini maka ia sedang mengalami stress.

Mengalami Mencret atau Muntah

Stress dapat menyebabkan saluran pencernaan mengalami gangguan. Gangguan pencernaan ini akan memicu mencret atau muntah. Nah apabila kucing sobat mengalami masalah ini bisa jadi ia sedang stres.

Kencing di Luar Litter Box

Oh ya sobat, pernah bukan melihat kucing pipis sembarangan? Tau nggak sih ternyata ini merupakan salah satu tanda-tanda stress. Si kucing memberi tahu sang pemilik bahwa ia sedang stress dan tertekan.

Mengeong Secara Berlebihan

Salah satu tanda yang menunjukan bahwa kucing anda dalam kondisi yang tidak baik adalah mengeong secara berlebihan. Mungkin dengan mengeong kucing anda menyampaikan bahwa ia sedang stress.

Tidur Lama

Ada beberapa hal yang harus sobat pahami yakni ada beberapa ciri-ciri bahwa kucing anda sedang stress salah satunya adalah kegiatan tidur yang sangat lama.

Lebih Agresif dan Defensif

Selain tidur melulu, kucing menjadi lebih agresif dan defensif. Sikap agresif yang ditunjukan kucing ini ternyata tidak hanya kepada hewan lain dan orang lain, bahkan kepada pemilik pun ia dapat bersikap agresif.

Tidak Mau Makan

Salah satu tanda kucing stress yang paling sering cat lovers jumpai adalah kucing tidak mau makan. Jika ia sedang stress biasanya ia tidak mau makan. Oleh karena itu jika sobat menjumpai tanda yang satu ini maka segera tangani ya agar tidak menjadi masalah yang lebih gawat.

Suka Mencakar dan Menggaruk

Kucing memiliki kebiasaan mencakar dan menggaruk kayu. Namun jika salah satu kebiasaan ini menjadi berlebihan maka sobat wajib khawatir. Bisa jadi hal ini menjadi salah satu tanda stress yang tengah kucing anda alami.

Tingkahnya Aneh dan Ambigu

Tanda terakhir yang harus anda ketahui jika kucing anda sedang stress adalah ia bersikap sangat aneh dan ambigu. Jika ia tiba-tiba manja dan kemudian tiba-tiba giras bisa jadi ia sedang mengalami depresi.

Inilah ciri ciri kucing stress yang harus anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat ya sobat. Jangan lupa untuk terus menyimak info menarik seputar hewan peliharaan hanya di Pawanghewan.com 🙂 See You !

Cara Mengatasi Kucing Dehidrasi ( Penyebab dan Tips Merawatnya !)
Cara Mengatasi Kucing Dehidrasi ( Penyebab dan Tips Merawatnya !)
Cara Mengatasi Kucing Dehidrasi – Sebagian besar
3 Tips Sebelum Membeli Kucing Peliharaan yang Benar
3 Tips Sebelum Membeli Kucing Peliharaan yang Benar
3 Tips Sebelum Membeli Kucing – Selain
Jenis-jenis Kucing Persia Beserta Gambarnya ! (TERLENGKAP)
Jenis-jenis Kucing Persia Beserta Gambarnya ! (TERLENGKAP)
Jenis-jenis Kucing Persia – Pada artikel sebelumnya
Daftar Harga Kucing Persia Terbaru (2018)
Daftar Harga Kucing Persia Terbaru (2018)
Daftar Harga Kucing Persia Terbaru – Pilih

Leave a reply "Ciri – Ciri & Penyebab Kucing Stress yang Harus Kamu Ketahui !"

Must read×

Top