Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan

In Kucing, Tips & Trik 14 views

Ciri-ciri Kucing mau Melahirkan – Kucing memiliki beberapa fase dalam kehidupannya mulai dari lahir, hamil, melahirkan, hingga kematian. Bagi kucing betina alaminya ia akan mengalami kehamilan dan melahirkan. Sebelumnya kami telah mengulas bagaimana cara merawat kucing baru melahirkan. Kali ini kami akan mengulas bagaimana ciri-ciri kucing mau melahirkan agar sobat dapat mengantisipasi dan menyiapkan proses persalinan dengan baik dan benar.

Proses persalinan kucing merupakan proses yang sangat penting karena induk kucing sedang mempertaruhkan nyawa untuk melahirkan anak-anaknya. Berbeda dengan manusia yang rata-rata hanya melahirkan satu bayi saja, induk kucing  biasanya melahirkan dua, tiga, empat, enam bahkan delapan anak kucing dalam sekali melahirkan.

Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan

Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan

Meskipun hewan memiliki insting serta dapat melahirkan secara alami, namun alangkah baiknya si pemilik kucing menyiapkan segala keperluan dan kebutuhan kucing guna meminimalisir jumlah kematian pada bayi. Tidak hanya kematian saja, proses persalinan yang tidak lancar ternyata dapat menyebabkan kucing mengalami cacat. Wah kasian sekali bukan ?

Ketika proses persalinan terjadi dibutuhkan tempat, alat-alat serta lingkungan yang nyaman. Oleh karena itu jangan sampai sobat melewatkan waktu persalinan kucing kesayangan anda. Cobalah untuk mempelajari ciri-ciri kucing melahirkan agar sobat dapat menyiapkan kebutuhak kucing supaya proses persalinan dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga : Daftar Harga Kucing Anggora Terbaru

Tanda Kucing Melahirkan di Rumah

Berikut adalah tanda-tanda yang ditunjukan seekor kucing yang akan melahirkan :

Berkeliling Mencari Tempat yang Sepi dan Aman

Fase kehamilan kucing berlangsung selaam 60 hingga 70 hari yakni sekitar 2.5 bulan hingga 3 bulan. Untuk mengantisipasi waktu persalinan sebaiknya ingat-ingat kapan terakhir kali ia birahi dan kapan mulai fase awal kehamilan. Jangan lupa menghitung dan melingkari kapan kira-kira kucing anda akan melahirkan ya 🙂

Menjelang fase akhir kehamilannya kucing akan berusaha mencari tempat yang sepi, nyaman dan aman. Tujuannya adalah supaya selama proses kelahiran kucing tidak terganggu dari binatang lain dan manusia. Beberapa kucing sangat pemalu ketika melahirkan sehingga ia tidak ingin dilihat bahkan oleh pemiliknya.

Jika kucing anda merupakan jenis kucing yang tidak manja dan ingin bersalin dengan sendirinya maka lebih baik biarkan saja ia. Jangan sering menengok kucing supaya ia tidak merasa terganggu dan proses persalinan menjadi lebih cepat.

Beberapa tempat yang disukai kucing diantaranya adalah lemari, atap, dan juga gudang. Oleh karena itu jika kucing kesayangan sobat mulai mencari tempat-tempat sepi dalam keadaan hamil besar maka dapat dipastikan ia akan segera melahirkan.

Tidur Terus

Ciri-ciri yang sangat umum terlihat pada kucing yang akan melahirkan adalah tidur melulu. Kucing yang hamil dan hendak melahirkan biasanya menghabiskan hari-harinya dengan tidur. Umumnya kucing yang akan melahirkan menghabiskan sekitar 20 jam sehari untuk tidur.

Sebenarnya kegiatan tidur yang dilakukan kucing ini adalah untuk menyiapkan tenaga selama proses melahirkan. Jadi wajar saja ia menghemat energinya untuk proses persalinan karena proses tersebut membutuhkan tegana yang sangat besar.

Apabila mpus kesayangan sobat menujukan tanda-tanda ini segera siapkan tempat yang nyaman untuk proses persalinannya ya. Siapkan juga tempat atau kandang yang hangat untuk anak-anaknya.

Mengeong Terus Menerus

Kucing menyampaikan perasaanya dengan cara mengeong. Meskipun terdengar sama namun jika didengarkan secara lebih spesifik kucing mengeong dengan cara yang berbeda pada masing-masing fase. Misalnya saja jika ia sedang birahi, memanggil anak-anaknya, ketika merasa senang, merasa takut maupun ketika akan melahirkan.

Ketika akan melahirkan biasanya ia akan mengeong terus menerus dan menunjukan sikap manjanya kepada sang pemilik. Hal ini menunjukan bahwa ia akan mengalami proses persalinan, mungkin saja ia merasakan sakit maupun rasa tidak nyaman sebelum proses melahirkan sehingga ia bersikap sangat manja.

Baca juga : Ciri – Ciri & Penyebab Kucing Stress

Keluar Cairan Kolostrum dari Kelenjar Susu

Seminggu sebelum melahirkan kucing akan mengeluarkan cairan berwarna kuning yang disebut dengan kolostrum dari kelenjar susunya.

Air Ketuban Pecah

Kucing merupakan hewan mamalia, kelahiran anak kucing juga ditandai dengan pecahnya air ketuban. Jika kucing anda sudah mengalami pecah air ketuban maka sebaiknya segera pindahkan ia ke tempat persalinan karena anak-anak kucing akan segera lahir.

Sering Menjilati Tubuh

Kegiatan kucing yang menjadi tanda-tanda persalinan adalah menjilati tubuh. Ia akan terlihat lebih sering menjilati tubuhnya. Menjilati tubuh dapat membuat hormon yang mempermudah proses persalinan menjadi keluar lebih cepat.

Susah Bergerak

Karena memiliki tubuh yang besar akibat hamil, wajar saja jika kucing jadi semakin sulit untuk bergerak. Dia mudah lelah diakibatkan karena kontraksi yang terjadi pada dinding rahim. Jika kucing menunjukan tanda-tanda ini maka dapat disimpulkan bahwa ia akan segera melahirkan.

Suhu Tubuh Lebih Rendah

Dalam kurun waktu kurang dari 24 jam menjelang persalinan suhu tubuh kucing akan menurun. Pada umumnya suhu tubuh kucing ada pada kisaran 38-39.2 derajat Celcius namun ketika akan melahirkan suhu tubuhnya turun menjadi 37-38 derajat Celcius.

Nafas Terengah-engah dan Denyut Jantung Lebih Cepat

Tanda-tanda kucing akan melahirkan yang terakhir adalah nafas terengah-engah dan denyut jantung menjadi lebih cepat. Perubahan denyut jantung terjadi karena adanya kontraksi selama masa persalinan.

Inilah ciri-ciri kucing akan melahirkan. Jika sobat sudah mengenali tanda-tanda ini pada kucing kesayangan anda maka segeralah untuk mempersiapkan segala keperluan dan tempat untuk kucing anda. Semoga informasi yang kami sajikan di Pawanghewan.com ini bermanfaat bagi Cat Lovers yaa 🙂

Cara Mengatasi Kucing Dehidrasi ( Penyebab dan Tips Merawatnya !)
Cara Mengatasi Kucing Dehidrasi ( Penyebab dan Tips Merawatnya !)
Cara Mengatasi Kucing Dehidrasi – Sebagian besar
3 Tips Sebelum Membeli Kucing Peliharaan yang Benar
3 Tips Sebelum Membeli Kucing Peliharaan yang Benar
3 Tips Sebelum Membeli Kucing – Selain
Jenis-jenis Kucing Persia Beserta Gambarnya ! (TERLENGKAP)
Jenis-jenis Kucing Persia Beserta Gambarnya ! (TERLENGKAP)
Jenis-jenis Kucing Persia – Pada artikel sebelumnya
Daftar Harga Kucing Persia Terbaru (2018)
Daftar Harga Kucing Persia Terbaru (2018)
Daftar Harga Kucing Persia Terbaru – Pilih

Leave a reply "Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan"

Must read×

Top