Ciri-ciri Kucing Hamil yang Mudah Dikenali

In Kucing, Tips & Trik 30 views

Ciri-ciri Kucing Hamil – Dalam berkembang biak hewan mamalia mengalami proses hamil dan melahirkan. Sebagai hewan mamalia tentu saja kucing mengalami hal ini. Sebagai pemilik hewan peliharaan yang baik sobat harus dapat mengenali tanda-tanda kehamilan kucing agar ia mendapatkan perlakuan dan perawatan terbaik selama proses kehamilan.

Kucing birahi pertama kali pada usia 10 bulan, namun pada usia ini masih sangat rentan baginya untuk mengalami proses kehamilan. Bagi kucing yang memiliki fisik yang tidak kuat ia bisa mengalami keguguran. Fase birahi berikutnya pada umur 12 bulan. Idealnya usia kucing hamil yakni pada umur 12 bulan. Resiko keguguran pada usia ini cukup minim dibandingkan pada usia 10 bulan.

Ciri-ciri Kucing Hamil

Ciri-ciri Kucing Hamil

Masa kehamilan kucing berlangsung selama 60 hingga 67 hari. Ada juga yang sampai 70 hingga 74 hari. Tak jarang kucing lahir prematur atau lebih cepat dari biasanya. Untuk kelahiran prematur biasanya akan beresiko tinggi.

Berbeda halnya dengan manusia, tanda-tanda kehamilan kucing cukup sulit untuk diketahui. Umumnya manusia mengalami morning sickness atau yang biasa dikenal dengan istilah ngidam. Hewan kucing biasanya tidak terlalu menunjukan gejala ketika awal kehamilan.

Meskipun cukup sulit untuk dikenali namun bukan berarti anda tidak dapat mengetahui tanda-tanda kehamilan kucing. Mengetahui tanda-tanda kehamilan pada kucing sangatlah penting karena dari sini sobat dapat memperkirakan kapan waktu persalinan kucing serta dapat menyiapkan segala kebutuhan selama proses kehamilan serta persalinan.

Nah, untuk sobat yang sudah penasaran tentang tanda-tanda kucing hamil, berapa lama kucing hamil, ciri-ciri kucing hamil palsu, ciri ciri kucing hamil dan akan melahirkan, apa saja makanan kucing hamil, bagaimana ciri kucing hamil 1 minggu setelah berhubungan, tanda dan ciri kucing hamil keguguran, ciri kucing sudah kawin dan mengapa kucing hamil tapi birahi ? Kami akan secara khusus mengulaskannya kepada sobat Cat Lovers Mania !

Baca juga : Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan

Ciri-ciri Kucing Hamil yang Harus Kamu Ketahui !

Berikut adalah tanda-tanda kucing hamil yang mudah dikenali :

Puting Susu Memerah dan Membesar

Menginjak usia 15 hingga 18 hari kehamilan puting-puting susu kucing akan nampak membesar dan memerah. Proses ini disebut dengan istilah pinking up. Pada masa ini tubuh kucing sedang melakukan persiapan untuk menyusui anak-anaknya nanti ketika ia telah lahir. Tanda ini tidak hanya ditunjukan kucing ketika ia sedang hamil saja, ketika sedang birahi puting kucing juga nampak memerah dan membesar

Punggung Kucing Melengkung

Karena menggendong bayi-bayi yang ada diperutnya, otomatis punggung kucing yang tadinya lurus berubah menjadi melengkung karena harus membawa bayi-bayi yang berat agar dapat berjalan dengan baik. Terlebih lagi jika usia kehamilanya semakin tua bebanya pun akan semakin berat sehingga akan lebih nampak.

Perutnya Nampak Bulat

Semakin tua usia kehamilan kucing maka penampakan perutnya akan semakin bulat dan mengembang. Apabila kucing sobat mengalami perubahan bentuk pada perutnya secara signifikan maka dapat dipastikan kucing anda berada dalam fase kehamilan.

Mual dan Malas Makan

Masa ngidam yang ditunjukan kucing tidak terlalu ketara, ia kadang mual dan malas makan pada awal kehamilan. Beberapa hari kemudian ia sudah menunjukan gejala yang berbeda. Pengalaman mimin bahkan mimin tidak mengenali tanda morning sickness pada kucing kesayangan karena memang pada dasarnya ia kucing yang lincah dan gemar makan.

Rambut Mudah Rontok

Saat sedang birahi, hamil dan melahirkan biasanya bulu-bulu kucing akan rontok lebih banyak. Kerontokan rambut yang terjadi ketika kucing sedang hamil sangatlah wajar. Hal ini dikarenakan ketika ia sedang hamil hormon yang dihasilkan berbeda sehingga menyebabkan kelenjar kulitnya menghasilkan minyak yang cukup banyak dan membuat bulu-bulunya menjadi rontok.

Nafsu Makan Meningkat

Selama masa kehamilan, induk kucing membutuhkan nutrisi untuknya dan untuk anak-anaknya. Wajar saja jika jumlah makanan yang dikonsumsi semakin banyak dan nafsu makannya menjadi meningkat. Mulai usia kehamilan tiga minggu ia akan menunjukan nafsu makan yang luar biasa. Sobat jangan heran yaa, sobat hanya perlu menyiapkan makanan dengan porsi lebih banyak dan gizi yang lebih baik.

Muntah

Muntah yang dialami oleh kucing dapat disebabkan oleh banyak hal salah satunya adalah karena sedang hamil. Namun jika kucing tidak sedang dalam masa kehamilan tetapi muntah terus menerus maka sobat harus membawanya ke dr hewan terdekat agar tahu pastinya penyebab muntah yang dialami kucing.

Menjadi Pendiam

Untuk menghemat energi, biasanya kucing akan bermalas-malasan dan tidur melulu. Hal ini bertujuan supaya menyimpan energi dan energi tersebut dapat digunakan nanti disaat persalinan. Pada masa ini kucing akan menjadi lebih pendiam, tidur melulu dan tidak selincah biasanya.

Lebih Manja

Kucing merupakan hewan yang sangat manja. Ketika ia sedang hamil ia menjadi lebih manja dari biasanya. Ia akan nampak lebih sering mendekat dan minta diperhatikan. Jika kucing anda mengalami ini tiba-tiba bisa jadi ia sedang hamil.

Baca juga : Ciri – Ciri & Penyebab Kucing Stress

Berhentinya Siklus Birahi

Pada waktu-waktu tertentu kucing merasakan birahi yakni mulai umur 10 bulan. Jika tiba-tiba masa birahinya usai maka anda harus lebih memperhatikan tingkahnya bisa jadi masa birahinya usai dikarenakan ia mulai hamil.

Bersikap Devensif

Ketika ia sedang hamil kucing cenderung lebih galak baik kepada hewan lain maupun kepada manusia terutama ketika perutnya tidak sengaja kesenggol atau pada bagian puting susunya. Ia akan menjadi lebih sensitif pada bagian perut dan sekitarnya. Ia juga menjadi tidak mau digendong.

Berpindah-pindah Tempat

Pernah dengar tidak istilah kalau kucing melahirkan akan pindah 7 kali. Itu bukalah rumor semata loh, ketika ia mulai hamil ia akan sering mencari tempat-tempat yang sepi dan nyaman untuk tidur maupun nantinya digunakan untuk tempat melahirkan.

Mencari Tempat Melahirkan

Ketika usia kehamilannya sudah tua ia akan sering berjalan dan mencari tempat sepi untuk melahirkan. Jika ia sudah melakukan hal ini sebaiknya anda harus segera menyiapkan kotak, kardus atau kandang untuk tempat ia melahirkan.

Keluar Air Susu

Mendekati proses persalinan, yakni sekitar seminggu sebelum kelahiran biasanya induk kucing sudah mulai memproduksi susu untuk persiapan bayi-bayinya. Jika anda sudah melihat air susu keluar dari puting-putingnya maka dapat dipastikan bahwa proses persalinan akan segera berlangsung dalam waktu dekat.

Demikian informasi tentang Ciri-ciri Kucing Hamil yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel di Pawanghewan.com ini dapat membatu sobat dalam merawat kucing kesayangan yaa 🙂 Sampai jumpa semoga hewan peliharaan anda sehat selalu.

Cara Mengobati Kucing Demam (Panas) dengan Cepat !
Cara Mengobati Kucing Demam (Panas) dengan Cepat !
Cara Mengobati Kucing Demam – Penyakit demam
Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Muntah Paling AMPUH !
Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Muntah Paling AMPUH !
Kucing merupakan salah satu hewan peiharaan yang
Cara Melatih Kucing Buang Air di Litterbox !
Cara Melatih Kucing Buang Air di Litterbox !
Salam jumpa sobat, berjumpa lagi dengan admin
Cara Supaya Induk Kucing Mau Menyusui Anaknya
Cara Supaya Induk Kucing Mau Menyusui Anaknya
Selamat sore sobat Cat Lovers, Bagaimana nih

Leave a reply "Ciri-ciri Kucing Hamil yang Mudah Dikenali"

Must read×

Top