Cara Mengobati Kucing Sakit Flu atau Pilek

In Kucing, Tips & Trik 86 views

Cara Mengobati Kucing Sakit Flu – Musim penghujan biasanya menjadi salah satu musim yang sering membawa dampak buruk bagi kesehatan hewan peliharaan. Sama halnya dengan manusia, musim penghujan kerap kali membuat kesehatan tubuh kucing menurun. Penyakit yang paling sering dialami ketika musim hujan adalah flu atau pilek.

Untuk kucing yang malas gerak atau mager serta kucing yang belum diberikan vaksin akan sangat rentan terkena penyakit flu. Penyebab utamanya tentu karena udara dingin dan cuaca. Diantara beberapa jenis kucing ras, kucing persia lah yang paling sering terjangkit penyakit flu karena ia sangat pemalas.

Baca juga : Cara Mengobati Jamur Pada Kucing

Cara Mengobati Kucing Sakit Flu dan Batuk

Cara Mengobati Kucing Sakit Flu atau Pilek

Wah ternyata tidak hanya manusia saja ya yang harus olahraga dan bergerak supaya tetap sehat ūüėÄ hehe. Oh iya sobat, jangan angap remeh penyakit flu pada kucing yaa, meski tidak sama bahayanya dengan flu burung, flu yang terjadi pada anakan kucing atau kitten ternyata dapat membahayakan nyawanya jika tidak segera diobati.

Pada kesempatan yang baik ini mimin akan mengulas tentang cara mengobati kucing sakit flu, ciri-ciri kucing sakit flu, penyebab kucing sakit flu dan pilek, obat flu paling ampuh untuk kucing, cara membersihkan ingus kucing, antibiotin untuk kucing flu, obat kucing batuk dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagi sobat yang tengah mengalami masalah diatas, simaklah dengan seksama ya penjelasannya.

Ciri-ciri Kucing Flu (Pilek)

Tanda-tanda kucing anda sedang terkena penyakit flu diantaranya adalah

  • Kucing demam atau panas.
  • Nafsu makan menurun
  • Sering bersin-bersin
  • Mata terlihat memerah.
  • Terdengar suara grok-grok (Batuk)
  • Keluar lendir atau ingus dari hidung.
  • Tidak bersemangat.
  • Lidah dan mulut terkena sariawan
  • Mulut kucing bau.

Bagi kucing dewasa yang menunjukan gejala ini biasanya dapat berlangsung selama satu hingga dua minggu. Pada minggu ke dua dan ke tiga biasanya kesehatan kucing membaik dengan sendirinya. Namun daripada mengambil resiko alangkah lebih baik jika penyakit kucing ini segera diatasi.

Penyebab Kucing Flu

Setelah mengenali tanda-tanda kucing flu, yuk cari tahu penyebab terjadinya penyakit flu pada kucing supaya kita dapat memberikan tindakan pencegahan. Berikut adalah beberapa penyebab kucing flu :

Daya Tahan Tubuh Kucing

Seperti halnya manusia, daya tahan tubuh kucing juga perlu dijaga agar tidak mudah terserang penyakit. Jika sistem imunitas kucing kurang baik maka ia akan sering terserang virus dan penyakit lainnya.

Virus

Penyakit flu yang terjadi pada kucing disebabkan oleh dua virus yakni virus herpes (feline herpesvirus) dan cacilivirus (FCV). Jika sobat kebetulan memelihara beberapa kucing dalam satu tempat maka karantinalah kucing yang terserang penyakit flu karena flu dapat menular melalui udara, air minum, makanan, dan air liur.

Bakteri

Selain karena virus, penyakit flu pada kucing juga disebabkan oleh bakteri yakni bakteri Chlamydophila Felis dan Bordetella Bronchiseptica. Jika kucing anda terjangkit flu dan bakteri maka ia akan lebih lama untuk sembuh.

Baca juga : Cara Memilih Makanan Kucing Persia Agar Cepat Gemuk

Cara Mengobati Kucing Sakit Flu (Pilek) dengan Cepat dan Tepat

Jika sobat sudah mengetahui apa saja ciri-ciri dan penyebab kucing sakit flu, maka simaklah cara mengatasinya dengan benar :

Berikan Madu

Madu sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh kucing. Oleh karena itu berikan madu kepada kucing anda yang sedang terjangkit flu. Madu juga dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit loh sobat, jadi tak ada salahnya kan mencoba cara ini ?

Vitamin

Untuk menjaga daya tahan tubuh kucing sobat juga dapat memberinya vitamin. Vitamin berperan sangat penting dalam sistem imunitas tubuh kucing oleh karena itu sebaiknya berikan vitamin dan juga gizi yang seimbang supaya tubuh kucin terjaga.

Jemur Kucing

Menjemur kucing saat flu merupakan solusi yang tepat supaya kesehatan tubuh kucing lekas membaik. Jemur kucing antara pukul 07.00 hingga pukul 09.00 pagi. Sobat dapat menjemurnya selama 10 hingga 15 menit saja.

Bersihkan Ingus

Ketika sedang flu, kucing juga mengeluarkan ingus dari hidungnya. Agar tidak semakin lama terjangkit flu, sobat harus sesering mungkin membersihkan ingusnya. Dengan demikian kucing lain juga akan terhindar dari flu.

Biarkan Kucing Istrahat

Jika sobat sudah melakukan berbagai cara yang kami sebutkan maka langkah terakhir adalah biarkan kucing anda beristirahat supaya dapat segera sembuh dari penyakitnya.

Tidak Boleh Dimandikan

Hal yang perlu diingat ketika kucing anda terserang penyakit flu adalah jangan sesekali memandikanya agar flu pada kucing tidak semakin parah. Letakkan ia ditempat yang hangat supaya kesehatannya dapat pulih dengan cepat.

Inilah cara mengobati sakit flu dan batuk pada kucing. Semoga artikel yang kami bagikan ini bermanfaat bagi anda. Sampai jumpa pada artikel lainya di Pawanghewan.com

Cara Membersihkan Telinga Kucing
Cara Membersihkan Telinga Kucing
Cara Membersihkan Telinga Kucing – Kebersihan pangkal
Penyebab Kucing Tidur Terus Menerus yang Harus Kamu Ketahui !
Penyebab Kucing Tidur Terus Menerus yang Harus Kamu Ketahui !
Penyebab Kucing Tidur Terus – Kucing merupakan
Cara Mengobati Luka Pada Kucing Paling Cepat & AMPUH !
Cara Mengobati Luka Pada Kucing Paling Cepat & AMPUH !
Cara Mengobati Luka Pada Kucing – Secara

Leave a reply "Cara Mengobati Kucing Sakit Flu atau Pilek"

Must read×

Top