Cara Mengobati Kucing Mencret dan Kenali Penyababnya

In Kucing, Tips & Trik 76 views

Cara Mengobati Kucing Mencret – Hallo catlovers, berjumpa lagi dengan Pawanghewan. Jika sebelumnya saya membagikan artikel 5 jenis kucing ras terpopuler di Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang penyebab diare pada kucing serta cara mengobati kucing mencret (diare).

Cara Mengobati Kucing Mencret dan Kenali Penyababnya

Cara Mengobati Kucing Mencret dan Penyebab kucing diare

Sebelum kita lanjut artikel ini akan lebih baik kita kenali dulu Apa itu Diare (Mencret)?

Diare merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan buang air besar dalam frekuensi yang lebih sering dari biasanya serta encernya kotoran yang dikeluarkan. Hal seperti ini umumnya dialami manuasia, namun hewan pun terkadang mengalami keadaan ini tak terkecuali kucing. Bahkan menurut survei kucing merupakan salah satu hewan yang rentan terkena diare.

Masalah diare pada kucing bukan hal sepele atau bisa di gampangkan. Jika kondisi tersebut dibiarkan sangat berbahaya, bahkan bisa membuat kucing kesayangan kalian mati. Untuk itu para catlovers juga harus paham ciri-ciri kucing yang terserang diare. Jika kalian belum paham silahkan simak dibawah ini.

Ciri-Ciri Kucing Diare

Kucing yang terserang diare akan lebih sering buang kotoran dalam keadaan encer (tidak padat). Selain itu, nafsu makan akan berkurang, badan menjadi lemas serta malas beraktifitas. Jika hal ini berlanjut dan dibiarkan saja maka kucing akan mengalami dehidrasi dan akhirnya mati.

Gejala yang lebih parah lagi apabila kucing mencret sampai mengeluarkan darah. Jika teman-teman mendapatki hal seperti itu, saya sarankan segera bawa kucing tersebut ke dokter hewan supaya mendaptkan perawatan yang intensif.

Penyebab Kucing Diare

Penyebab utama diera pada kucing masuknya bakteri atau virus pada saluran pencernaan melalui makanan maupun minuman. Namun diare disebabkan tidak hanya dari makanan dan minuman, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan kucing diare. Silahkan lanjutkan baca untuk mengetahui penyebab kucing diare yang lebih lengkap.

Penyebab Kucing Diare Ringan

1. Stress

Ketika kucing mengalami stress daya tubuhnya akan menurun dan sangat mudah terserang penyakit. Kucing akan mengalami stres biasanya karena merasa terancam oleh lingkungan atau keberadaan orang baru.

2. Iklim

Ketika iklim atau cuaca berubah-ubah secara ekstrim bisa menyebabkan daya tahan tubuh kucing menurun dan mudah terserang penyakit seperti diare.

3. Makanan

Pencernaan kucing terbilang sangat sensitif, jadi kita harus hati-hati saat memberikan makanan. Makanan sisa bisa juga menjadi penyebab kucing diare, bahkan sering mengganti makanan pun bisa mempengaruhi pencernaannya.

4. Minuman

Berikan minuman higienis pada kucing, karena minuman yang tidak higienis bisa menjadi pemicu diare pada kucing. Selain itu jangan memberikan susu manusia. Kenapa? Karena penceraan kucing  tidak bisa mencerna laktosa.

Penyebab Kucing Diare Berat

1. Bakteri

Bakteri E.Coli (Escherichia coli) tidak hanya bisa menyebabkan diare pada manusia, namun bisa membuat kucing kesayangan kita diare. Biasanya bakteri ini menempel pada makanan basi atau minuman yang tidak higienis.

2. FIV atau AIDSnya Kucing (Feline Immunodeficiency Virus)

Virus yang satu ini berbahaya banget sob, tidak hanya terhadap kucing pada manusiapun berbahaya. Namun tenang sob, sangat jarang kucing yang terkena virus ini. Untuk berjaga-jaga sebaiknya teman-teman vaksin kucing si kucing kesayangan.

3. Radang pada Usus

Penyakit Panleukopenia atau yang kita kenal dengan radang usus ini sering dialami pada kucing yang belum di vaksin. Penyakit ini biasanya menyebabkan muntah-muntah, anemia dan diare parah pada kucing.

4. Ginjal si kucing rusak

Seperti manusia, kucing juga butuh kadar air yang tinggi, jika kekurangan kadar air ginjal kucing juga mengalami kerusakan. Beri si kucing air minum higienis yang cukup.

Itulah penyebab diare ringan dan berat pada kucing, jika sudah tahu beberapa penyebab kucing diare sebaiknya kita lebih teliti lagi saat merawat kucing kesayangan supaya tidak mengalami. Namun jika sudah terlanjur mengalami diare, berikut beberapa cara mengobati kucing mencret.

Cara Mengobati Kucing Mencret

1. Oralit khusus hewan

Memberikan oralit pada kucing yang mencret sangat efektif, karena oralit dibuat untuk mengurangi frekuensi buang kotoran. Teman-teman bisa membelikan oralit khusus hewan yang biasanya tersedia di Pet Shop. Jangan lupa baca aturan pakainya ya sebelum memberikan ke kucing kesayangan.

2. Yogurt (hanya saat mencret)

Cobal berikan Yogurt kepada si kucing, kenapa? Karena Yogurt mengandung bakteri baik yaitu bakteri Lactobacillus dan termasuk dalam kategori non patagon.

Menurut para ahli kesehatan, Lactobacillus baik untuk usus serta membantu sistem pencernaan dalam tubuh. Namun ada sedikit catatan untuk teman-teman yaitu Pilihlah Yogurt nonlaktosa atau yang memiliki kadar laktosa rendah!. Berikan 1 sampai 2 sendok teh beberapa hari sekali.

3. Memberi obat cacing

Mungkih hal ini terdengan cukup aneh ya, masak iya obat cacing bisa mengobati kucing diare. Namun memang begitu adanya sob, terkadang cacing bisa membuat kucing kesayangan kita mengalami diare.

Coba berikan obat cacing dalam dosis yang kecil atau bisa baca cara pemakaiannya.

4. Memberikan tempe

Siapa yang akan menyangkan jika tempe juga bisa menjadi obat yang ampuh untuk mengobati diare. Memberikan tempe ke kucing kesayangan bisa kalian coba, namun lebih baik kalian rebus dahulu ya.

5. Multivitamin

Selain bisa mengobati diare pada kucing, Multivitamin juga sangat baik sebagai pencegahan menurunnya daya tahan si kucing. Jika kalian bingung multivitamin seperti apa, langsung saja dateng ke petshop dan tanya nanti akan di tunjukan multivitamin yang bagus untuk kucing kesayangan kalian.

Itulah cara mengobati kucing mencret berat maupun ringan lengkap dengan ciri-ciri dan penyebab mencret pada kucing. Karena teman-teman sudah tahu penyebab dan ciri-ciri kucing yang terserang diare sebaiknya kita harus merawat nya lebih ketat dan tidak memberikan makanan sembarangan. Jangan lupa simak terus pawanghewan.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Cara Membersihkan Telinga Kucing
Cara Membersihkan Telinga Kucing
Cara Membersihkan Telinga Kucing – Kebersihan pangkal
Penyebab Kucing Tidur Terus Menerus yang Harus Kamu Ketahui !
Penyebab Kucing Tidur Terus Menerus yang Harus Kamu Ketahui !
Penyebab Kucing Tidur Terus – Kucing merupakan
Cara Mengobati Luka Pada Kucing Paling Cepat & AMPUH !
Cara Mengobati Luka Pada Kucing Paling Cepat & AMPUH !
Cara Mengobati Luka Pada Kucing – Secara

Leave a reply "Cara Mengobati Kucing Mencret dan Kenali Penyababnya"

Must read×

Top