Cara Mengobati Kucing Cacingan Dan Kenali Ciri-cirinya

In Kucing, Tips & Trik 67 views

Cara Mengobati Kucing Cacingan – Melihat kucing sehat dan gemuk merupakan sebuah dambaan para catlover. Namun adakalanya si kucing mengalami sakit, salah satu penyakit yang sering terjadi pada kucing yaitu cacingan. Cacing di dalam tubuh akan menyerap nutrisi yang dibutuhkan kucing, jika dibiarkan akan menyebabkan kucing kekurangan nutrisi.

Ada sekitar 4 jenis cacing yang menjadi penyebab kucing cacingan, antara lain cacing pita, cacing gelang, cacing tambang dan cacing paru-paru. Dalam beberapa kasus beberapa jenis cacing bisa berada sekaligus dalam tubuh kucing.

Terus bagaimana cara mengenali atau mendiagnosis kucing cacingan? Teman-teman bisa melihat beberapa gejala yang dialami oleh kucing yang terkena cacingan dibawah ini.

Cara Mengobati Kucing Cacingan Ampuh

Cara Mengobati Kucing Cacingan serta ciri-ciri dan penyebabnya

Ciri-Ciri Kucing Cacingan

  • Kucing mengalami diare
  • Ada Cacing pada kotoran
  • Ada butiran putih (telur cacing) di dubur kucing
  • Bulu terlihat kusam
  • Kotorannya berdarah
  • Perut Kembung atau terlihat buncit
  • Berat badan turun dan terlihat kurus
  • Muntah-muntah dan terkadang terlihat ada cacingnya
  • Menurunnya nafsu makan
  • Terlihat letih

Itulah beberapa ciri-ciri kucing yang mengalami cacingan. Jika kucing kesayangan kalian memiliki ciri-ciri diatas segera obati dengan tepat. Nah, untuk yang belum tahu obat cacing untuk kucing tenang saja, karena saya akan memberitahu kalian.

Baca juga : Cara Mengobati Kucing Mencret dan Kenali Penyababnya

Cara Mengobati Kucing Cacingan

Cara paling aman mengobati kucing cacingan yaitu membawanya ke dokter hewan. Tapi jika tempat tinggal kita jauh dari dokter hewan (seperti tempat saya), kita bisa mengobati sendiri dengan membeli obat cacing khsusu hewab. Namun jika itu pun sulit kalian dapatkan, kalian bisa memberikan obat cacing manusia ke kucing. Saya merekomendasikan obat cacing Combatrin karena terbukti ampuh untuk membasmi cacing. *Jangan memberikan obat cacing pada kucing yang sedang hamil.

Cara Memberikan Obat Cacing

Pemberian obat cacing combatrin pada kucing bisa menggunakan spet atau suntikan tanpa jarum karena combatrin berbentuk cair.

Dosis pemberian pada kucing yaitu 1 ml/2 kg, artinya 1 ml combatrin untuk kucing yang berbobot 2 kg. Jika kucing memiliki berat badan 4 kg maka berikan combatrin 2 ml. Jadi sebelum kalian memberikan obat cacing silahkan timbang dulu ya kucingnnya.

Pemberian obat cacing ini kita lakukan 2 tahap sob, yaitu berikan 2 kali dalam 1 bulan (2 minggu sekali). Pemberian pertama dimaksudkan untuk membunuh cacing dewasa, untuk pemberian ke dua dimaksukan untuk membunuh larva yang berubah menjadi cacing dan belum terbasmi pada pemberian pertama.

Setelah kalian memberikan obat cacing jangan kaget jika ada kucing yang muntah disertai cacing, ada yang diare beserta cacing, dll. Pantau terus perkembangan kucing terutama pada berat bada yang biasanya akan meningkat.

Catatat : Resiko di tanggung sendiri, kami tidak tanggung jawab dengan cara mengobati kucing diatas. Kami sudah mencoba pada kucing kami dan berhasil. Jika kurang yakin lebih baik bawa ke dokter hewan.

Demikianlah artikel yang bisa saya bagikan saat ini, jangan lupa simak terus pawanghewan.com untuk melihat artikel menarik lainnya. Salam catlovers..

Ciri ciri Kucing Hamil yang Mudah Dikenali
Ciri ciri Kucing Hamil yang Mudah Dikenali
Ciri ciri Kucing Hamil – Dalam berkembang
Jenis Burung Prenjak yang Bagus untuk Dipelihara
Jenis Burung Prenjak yang Bagus untuk Dipelihara
Jenis Burung Prenjak – Prenjak adalah burung
Cara Membersihkan Telinga Kucing
Cara Membersihkan Telinga Kucing
Cara Membersihkan Telinga Kucing – Kebersihan pangkal

Leave a reply "Cara Mengobati Kucing Cacingan Dan Kenali Ciri-cirinya"

Must read×

Top